UNISRI Jobfair 2019
| Job Fair
UNISRI Jobfair 2019

Surakarta - Memperingati Dies Natalis ke-39, Universitas Slamet Riyadi (UNISRI) Surakarta menggelar job fair. Diperuntukkan bagi masyarakat umum di auditorium kampus setempat, Kamis-Jumat (2-3/5). UNISRI menargetkan tiga ribu kunjungan pencari kerja.

Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNISRI Sutoyo mengatakan, job fair merupakan agenda tahunan. Memberikan akses bagi lulusan dalam mencari pekerjaan. Sekaligus mempercepat waktu kerja lulusan.

”Sebagai perguruan tinggi yang masuk 100 besar di Indonesia, job fair merupakan program yang wajib kami laksanakan. Menjadi upaya percepatan masa tunggu kerja yang dari tiga tahun terakhir ini rata-rata 4-6 bulan,” bebernya kepada Jawa Pos Radar Solo, Kamis (2/5).

Sutoyo berharap job fair  memberikan dampak signifikan pada para pencari kerja, khususnya alumni kampus. ”Banyak alumni yang memberikan apresiasi pada job fair. Namun persentase alumni UNISRI yang direkrut melalui program ini belum kami teliti. Ke depan akan kami lakukan. Tapi yang jelas alumni merasa senang adanya job fair," sambungnya.

Job fair keempat UNISRI ini diikuti puluhan perusahaan. Membuka peluang kerja bagi mayoritas lulusan Strata 1. Baik dari BUMN maupun swasta. Di antaranya PT Asuransi Jiwasraya, PT Permodalan Nasional Madani, Bank Mega, Bank CIMB Niaga, PT Indomarco Prismatama, BNP2TKI, hingga Ruang Guru.

”Target kami 40 perusahaan dan sudah terdaftar 37 perusahaan. Kami menyelenggarakam job fair setahun sekali. Harapannya dua kali setahun, tapi belum terealisasi. Karena masih ada beberapa kendala teknis,” imbuhnya. Dari segi pengunjung, UNISRI Jobfa Fair, berhasil menghadirkan sekitar 2.000 lebih pelamar kerja mulai ari freshgraduate sampai profesional.

UNISRI juga memberikan kesempatan dan fasilitas kepada perusahaan peserta job fair untuk menggelar walk in interview recruitmen hingga 5 Mei. Selain job fair, agenda Dies Natalis ke-39 secara bersamaan pada 2 Mei juga diselenggarakan Upacara Hari Pendidikan Nasional, pembukaan Dies Natalis, dan pembukaan UNISRI Mencari Bakat (UMB). ”Pada 2-5 Mei ada perusahaan yang langsung melaksanakan wawancara di UNISRI. Kami siapkan dua tempat untuk wawancara. Salah satunya perusahaan kelapa sawit dari Kalimantan,” katanya.

 

Share
Komentar