Menaker Hanif Dhakiri Buka Youth Career Festival 2018
| Job Fair
Menaker Hanif Dhakiri Buka Youth Career Festival 2018

Menteri Tenaga Kerja M Hanif Dhakiri membuka Sinergi Youth Career Festival 2018 di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Semarang, Selasa (13/11).

Kegiatan yang digelar Proyek Sinergi selama dua hari ini gabungan beberapa kegiatan, seperti bursa kerja, edukasi, konsultasi karir, wawancara kerja, serta hiburan musik. Hanif dalam kesempatan itu menegaskan, pentingnya pelatihan vokasi yang bisa diikuti siapa saja. 

''Pelatihan vokasi ini merupakan terobosan bagi pekerja yang sebagian besar lulusan SD dan SMP. Tak peduli status sosialnya kaya atau miskin, punya orang tua atau tidak, kini siapa saja bisa mengikuti pelatihan vokasi,'' kata Hanif didampingi Dirjen Pembinaan Pelatihan Produktifitas, Kemenaker Bambang Satrio Lelono serta Kepala Dinas Tenga Kerja dan Transmigrasi Jateng Wika Bintang di BBPLK.

Kalau sekolah itu lama waktunya, sedangkan pendidikan vokasi waktunya pendek. Ini jadi terobosan baru meningkatkan kompetensi pekerja, dulu masyarakat tidak boleh ikut usianya belum menginjak 30 tahun. 

Bagi pemerintah, pelatihan ini bisa mempercepat investasi dengan menyiapkan tenaga siap kerja. Pelatihan ini juga memberikan perbaikan akses pelatihan kerja. "Dari 131 juta orang, 58 persen itu pekerjanya lulusan SD dan SMP,'' jelasnya.

Perwakilan The United States Agency for International Development (USAID) - Mitra Kunci, Eric Bergthold mengatakan, kegiatan ini diharapkan dapat memotivasi generasi muda, terutama yang rentan dan secara ekonomi kurang mampu. Mereka didorong untuk terus meningkatkan keterampilan dan pengalaman, sehingga dapat berkontribusi terhadap pembangunan nasional. 

Di sisi lain Direktur Proyek Sinergi, Agung Binantoro mengatakan, festival kaum muda mempertemukan langsung para pencari kerja dan perusahaan penyedia lapangan, serta pemerintah untuk berdiskusi dan bertukar informasi terkait ketenagakerjaan. Ada 15 perusahaan Mitra Sinergi dan 75 perusahaan umum yang ikut festival.

Hari pertama (Selasa, 13/11) diikuti 200 peserta undangan kaum muda kurang mampu dan rentan usia 18 sampai 34 tahun. Mereka berasal dari Kota dan Kabupaten Semarang, Demak, dan Boyolali. 

Sebanyak 400 kaum muda yang terlibat kegiatan Sinergi juga ikut festival. Adapun, hari kedua atau Rabu (14/11) akan dibuka untuk umum.

 

Sumber :

https://www.suaramerdeka.com/news/baca/145459/menaker-hanif-dhakiri-buka-youth-career-festival-2018

Share
Komentar