Penyandang Disabilitas Rembang Semringah Difasilitasi Lapangan Kerja
| Job Fair
Penyandang Disabilitas Rembang Semringah Difasilitasi Lapangan Kerja

Hari kedua bursa kerja inklusif kaum muda 2020 di kantor Kecamatan Sarang tinggi disambut antusias oleh warga Rembang timur. Khusunya bagi para penyandang difabel. Mereka mengaku senang bisa difasilitasi secara khusus pada bursa kerja tahun ini.

Mereka merasa terbantu dengan Young Festival 2020 yang digagas Poksi (kelompok Aksi) ketenagakerjaan Inklusis Jateng bersama Sinergi. Uneg-uneg mereka sampaikan. Khususnya kepada Bupati Rembang, Abdul Hafidz dan Wakil Bupati Rembang, Bayu Andriyanto yang turut membuka acara.

Di antaranya ada M. Khoiri, Syukur, dan Setiana Dewi. Ketiga warga Lodan Kulon ini memberanikan diri mencurahkan keinginanya. Mulai mengharapkan dapat tambahan suntikan modal sampai dapat mandiri lewat bekerja.”Pak saya ingin mandiri. Ingin kerja. Modal saya kurang Rp 2 juta,” pinta Setiana Dewi.

Permintaan ini direspon positif. Penyandang disabilitas tersebut diberikan semangat. Solusi real juga dicarikan langsung. Bupati langsung perintahkan kepala Kepala Dinas DPMPTSP-Naker Rembang Teguh Gunawarwan ikut memfasilitasi.

Termasuk yang ingin kerja langsung dijembatani. Khoiri dan Syukur yang alami tuna wicara dan rungu diajak langsung menuju stand. Jujukannya di PT. Parkland World Indonesia (Pabrik sepatu di Rembang). Dengan didampingi panitia.

”Tolong difasilitasi. Secara fisik mereka mampu untuk bekerja. Ini biar mencatatkan dulu identitas dan nomor handphone,” pinta bupati yang didampingi wabup.

Kebetulan ada Poksi dan Sinergi. Mereka yang akan mengawal, melatih dan menetapkan tempat kerja. Ini sudah di Parkland. Poksi dan Sinergi didorong bisa berikan kepastian, mereka siap bekerja.

”Tiga ini yang sebagai contoh. Banyak yang lainnya. Ini mampu. Kita ingin tunjukkan kepada perusahaan, pemerintah tidak ada yang namanya perbedaan,” ungkap bupati.

Kepala Dinas DPMPTSP-Naker Rembang Teguh Gunawarwan menyampaikan Job Fair Inklusif 2020 digelar sekaligus dalam rangka mendorong pengentasan kemiskinan di Rembang.  Makanya sasarannya di daerah zona merah kemiskinan.

Bambang Wicaksono, tim pimpinan program Sinergi menyampaikan hari kedua sasaranya lebih anak muda dari kecamatan di wilayah timur dan selatan Kabupaten Rembang. Idenya meratakan kesempatan bagi anak muda bekerja.

”Ada 400 anak muda yang akan ikut bursa kerja inklusif dan kelas edukasi. Ini ada komitmen beberapa perusahaan tekstil, retail yang siap kerja diperkenankan langsung. Untuk wirausaha dan sebagainya diskusikan, kapan follow up dan tindak lanjut,” harapannya.

Dia menambahkan dari lowongan dan penyerapan tidak bisa cepat. Karena ada proses administrasi di perusahaan-perusahan yang butuhkan waktu tidak singkat. Namun ada  perusahaan yang membutuhkan prosedur tidak bisa secepat itu.

Seperti Parkland akan seleksi tahap I sekitar 70 calon tenaga kerja. Tahun ini membutukan 4.500 tenaga kerja penempatan di Rembang. “Kami berharap anak-anak muda yang serius dan bekerja di bidang sepatu optimistis dalam kurun Maret-April-Mei dan Juni bisa masuk jumlah cukup besar,” ungkapnya. 

 

Sumber :

https://radarkudus.jawapos.com/read/2020/02/28/181429/penyandang-disabilitas-rembang-semringah-difasilitasi-lapangan-kerja

Share
Komentar